Jumat, 11 September 2015

Cara Uplod PI Di Studentsite Gunadarma

Setelah sidang PI (Penulisan Ilmiah) ternyata perjalanan masih 50% lagi untuk mendapatkan sertifikat setara sarjana muda (amd/D3). Saya akan mencoba untuk meng-share pengalaman saya untuk mendapatkan sertifikat setara sarjana muda.

  • Setelah mengetahui pernyataan LULUS yang ditempel di loket sidang, langkah pertama yang harus dilakukan adalah merevisi PI sesuai di lembaran revisi yang telah diberikan dosen penguji. Setelah PI diacc (tanda tangan) oleh dosen revisi langkah berikutnya adalah menghardcover PI. Bagi yang tidak ada revisi maka bisa langsung dihardcover PI dan lanjut ke tahap 2.
  • Setelah di hardcover mintalah TTD (tanda tangan) dosen pembimbing di lembar pengesahan PI.
  • Setelah mendapatkan TTD dosen pembimbing mintalah TTD Kajur (ketua jurusan).
  • Setelah mendapatkan TTD DP dan TTD ketua Kajur, ubahlah LAYOUT PRESENTASI dengan yang ditentukan oleh kampus. Bisa di download di STUDENTSITE – DEPOSIT LIBRARY – DOWNLOAD



Gambar 1
Kemudian pilihlah salah satu template ilmu pelet birahi utk presentasi yang telah di sediakan dan sesuaikan dengan warna logo fakultas masing-masing.
Gambar 2
         Setelah diubah layoutnya, ubahlah ke dalam format PDF.
  • Masuk ke studentsite pilih deposi library, pilih UPLOAD PENULISAN ILMIAH lalu pilih UPLOAD PENULISAN ANDA.


Gambar 3
Gambar 4
  • Isilah data berikut sesuai dengan data anda.

Gambar 5
       Untuk subyek penulisan gunakanlah kata kunci di abstraksi. Jika kata kunci lebih dari satu maka klik tanda "+" di samping kotak subyek penulisan.
Gambar 6
      Isilah tanggal pelaksanaan dengan tanggal anda sidang, isilah tanggal penyerahan berkas dengan tanggal anda mengupload PI, isilah jenis penulisan dengan slide presentasi sidang dan isilah lokasi penyerahan PI tempat kampus anda.
  • Pilih LANJUTKAN TAHAP 2, ikuti sampai selesai, lalu kembali ke menu awal maka akan muncul cetak bukti presentasi seperti berikut :

Gambar 7

  • Klik CETAK BUKTI PRESENTASI, maka akan muncul 3 bentuk barcode dalam format PDF, lalu di print.
  •  Bawa hardcover PI dan bukti barcode tersebut ke bebas perpustakaan kampus D di depan gedung 5. Nanti akan diperiksa oleh petugas, jika tidak ada yang salah di bukti barcode dengan penulisan PI maka akan di kasih cap di bukti barcode oleh petugas bebas perpustakaan. Cap tersebut sebagai syarat untuk minta TTD kepala bidang PI, Bu Melani.
  • Minta TTD kasubag PI untuk TE (Teknik Elektro) Bu Melani di loket pendaftaran sidang PI dengan membawa surat revisi sidang, bukti barcode yang sudah di cap petugas bebas perpustakaan dan hardcover PI yang sudah di TTD DP dan TTD Kajur.
  • Setelah mendapatkan TTD Bu Melani beserta capnya langkah berikutnya adalah membawa fotokopi judul PI, pernyataan originalitas dan publikasi, lembar pengesahan, abstraksi, kata pengantar, surat keterangan KP (Kerja Praktek) jika PI anda melakukan KP, burning CD yang berisi penulisan anda ke dalam bentuk word dari judul PI sampai lampiran, dan hardcover PI ke sekjur D421 untuk meminta cap Kajur.
  • Jika sudah lengkap semua TTD dan cap dari Kajur dan koordinator PI langkah selanjutnya adalah scan lembar pengesahan lalu jadikan dalam bentuk PDF.
  • Upload semua file PI dalam bentuk PDF ke deposit library, langkahnya sama seperti langkah no 5 dan 6, namun jenis penulisannya di ganti dengan PENULISAN ILMIAH JENJANG SETARA SARJANA MUDA.


Gambar 8

  • Definisikan semua dokumen PI yang sudah kita upload, pilih deposit library lalu pilih penulisan yang kita upload. Klik definisikan dokumen pada dokumen yang belum didefinisikan. Akan muncul kotak dialog seperti berikut :

Gambar 9
          Definisikan kotak dialog sesuai jenis dokumen lalu simpan. Setelah semua file PI telah didefinisikan, maka akan akan seperti gambar berikut :

Gambar 10

  • Setelah upload penulisan, tidak ada cetak bukti seperti presentasi.


Gambar 11

  • Bawa hardcover PI ke bebas perpustakaan kampus D di depan gedung 5. Pihak bebas perpustakaan akan mengecek apa yang diupload sama dengan hardcover, jika tiadak ada masalah nanti akan dikasih blanko Rp25.000.- yang harus dibayar di Bank DKI.
  • Bayar blanko di Bank DKI terdekat.
  • Setelah membayar kembali lagi ke bebas perpustakaan, serahkan blanko yang tadi dibayar dan surat jadwal sidang PI. Petugas bebas perpustakaan akan mengembalikan 1 blanko dan surat sidang PI yang akan digunakan untuk mengambil sertifikat, setelah itu anda akan dikasih kertas bukti bahwa anda telah sampai ke tahap ini. Isilah data tersebut.
  • Serahkan 1 blanko dan surat jadwal sidang yang dikasih petugas bebas perpustakaan di gedung 2 lantai 1 untuk mengambil sertifikat. Jika disertifikat tidak ada data yang salah, anda bisa TTD dari pas foto ke kanan keluar. Jika sudah TTD, sertifikat anda akan di kasih cap transparan.
  • Beginilah pengalaman saya untuk mengambil sertifikat gelar amd (D3). Terima kasih telah membacanya.


Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.