Halaman

Istana Bung Hatta

Istana Bung Hatta di Bukittinggi Istana Bung Hatta di Bukittinggi Istana Bung Hatta atau dikenal juga dengan sebutan Gedung Negara Tri Arga, merupakan bangunan bersejarah yang berjarak beberapa langkah persis di depan Jam Gadang. Pada zaman penjajahan Jepang, gedung ini dijadikan tempat kediaman Panglima Pertahanan Jepang (Seiko Seikikan Kakka). Selanjutnya, bangunan ini digunakan sebagai istana wakil presiden saat Drs. Muhammad Hatta atau Bung Hatta menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama. Jangan bayangkan akan istana megah seperti yang ada di dongeng-dongeng fiktif.

Istana Bung Hatta memiliki pelataran cukup luas dengan dua bangunan utama. Arsitektur bangunan ini berciri kolonial, dengan kamar-kamar yang luas berjumlah delapan buah, tetapi sekarang ditambah menjadi 12 buah. Bangunan pertama berupa rumah gadang besar khas rakyat Minang. Bangunan yang lain berbentuk rumah memanjang. Di depan pintu halamannya diberikan atap. Bisa dibilang bangunan ini bisa disebut sebagai istana mini.

Di depan dan di samping kompleks ada patung Bung Hatta. Di bagian depan patung Bung Hatta hanya dibuat separuh badan. Sedangkan di bagian samping kompleks patung Bung Hatta dibuat secara utuh dengan tinggi lebih dari 2 meter. Sekarang cerita dewasa hot gedung ini digunakan sebagai tempat seminar, lokakarya dan pertemuan tingkat nasional dan regional yang representatif serta sebagai rumah tamu negara bila berkunjung ke Bukittinggi. Tidak ada salahnya jika Anda melongok sebentar Istana Bung Hatta saat berada di Bukittinggi karena lokasinya yang sangat mudah dijangkau, persis di depan Jam Gadang.

Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar