Rabu, 23 September 2015

Jalur Web Yahoo Dan Gmail



Tugas Softskill 4
Nama               : Andri Martin
Npm                : 19110603
Kelas               : 4Ka 34



SEJARAH YAHOO
Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik dukun pelet tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.

Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersbeut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-
Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.

Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.

Pada bulan Juli 2012, Yahoo mendapatkan seorang CEO baru yang merupakan bekas salah satu petinggi saingan mereka, Google, Marisa Mayer


KELEBIHAN YAHOO
Selain mengobrol dengan cara mengetikkan percakapan kita, dengan Yahoo Messenger kita juga bisa mengobrol secara langsung seperti bertelepon. Tetapi kita membutuhkan headset dan koneksi internet yang stabil jika kita ingin mengobrol secara langsung. Yahoo Messenger juga menyediakan layanan web cam, dimana kita bisa melihat lawan bicara kita. Untuk menggunakan fasilitas ini, kita membutuhkan kamera khusus yang terpasang di komputer kita. Layanan SMS ke telepon seluler juga bisa kita dapatkan secara gratis dengan menggunakan software ini.   Dengan menggunakan Yahoo Messenger ini kita juga bisa mengirimkan file dokumen dan bisa langsung dibuka oleh lawan bicara. Foto kita juga bisa kita pasang di jendela messenger. Selain itu masih banyak lagi fasilitas Yahoo Messenger yang dapat kita gunakan. Kalau ingin chatting dengan mudah dan gampang, langsung saja download Yahoo Messenger di situs resminya.

KEKURANGAN YAHOO
    Selain ada kelebihan juga terdapat kekurangan .Kekurangan nya yaitu tidak ada ruangan atau room untuk menampung semua pengguna yahoo dari penjuru dunia. Room tersebut dibagi-bagi menurut regional, hobby, aktivitas, dan masih banyak lagi room yang lain. Dan tidak ada aplikasi yang tersedia di web yahoo messenger. Misalnya ketika kita sedang melakukan perbincangan di aplikasinya, kita juga dapat menggunakan aplikasi yang lain dengan teman perbincangan kita. Kemudian  Emotion bergerak yang disediakan di web sangat terbatas. Perbincangan semakin menarik karena diadakannya emotion yang bermacam-macam dan bila emotion yang ada di aplikasinya bisa bergerak-gerak. jadi perbincangan bisa kita kreasikan dengan emotion sesuai yang kita mau.dan terakhir tidak ada tema yang bisa diubah-ubah. tema tersebut bisa diubah sesuai dengan kita mau. tema tersebut adalah background layer dari yahoo messenger.
Jenis-jenis Jalur Koneksi Internet
Dial-up PSTN (Public Switched Telephone Network)
Client melakukan koneksi ke ISP melalui telephone regular ( di Indonesia menggukan jasa PT.TELKOM)

Dial-up GPRS (General Packet Radio Service) dan CDMA (Code Division Multiple Access)
Perangkat ponsel berfungsi sebagai modem yang terhubung ke komputer melalui kabel data ponsel (port comm atau USB), IRDA ataupun bluetooth.
Koneksi internet melalui operator selular bertindak sebagai ISP dengan mengatur konfigurasi pada komputer maupun ponsel.

Leased-Line (dedicated)
dengan jalur Internet Cable, saluran telepon atau kabel coax dan fiber optik yang disewa untuk pengguna selamat 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya.

Frame Relay
Merupakan layanan data paket yang memungkinkan beberapa user menggunakan satu jalur transmisi pada waktu yang bersamaan.

Untuk lalu lintas komunikasi yang padat, Frame Relay jauh lebih efisien daripada sirkuit sewa (leased-line) yang disediakan khusus untuk satu pelanggan (dedicated), yang umumnya hanya terpakai 10% sampai 20% dari kapasitas lebar pita (bandwith-nya) Wave-LAN / WISP (Wireless Internet Server Provider)
koneksi jaringan lokal dengan ISP menggunakan teknologi jaringan wireless dengan perangkat radio/antenna dengan gelombang mikro 2.4 GHz (free -license).

PLC ( Power Line Communication)
koneksi dengan menggunakan jalur listrik yang bertindak sebagai ISP, dengan bantuan modem yang lansung dapat ditancapkan ke stop kontak ( yang telah dialiri listrik)

VSAT (Very Small Aperture Terminal)
Dengan menggunakan Antenna seperti piringan ( parabola ) yang menghadap ke arah satelit (langit). Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi.

Penggunaan VSAT mampu menjangkau daerah dimana tidak memungkinkan koneksi dengan jenis apapun (atau terasa mahal jika menggunakan jenis yang lain), seperti di tengah hutan, tengah lautan, dan sebagainya.

DSL (Digital Subscriber Line)
Koneksi DSL menggunakan jalur telephone reguler, dan mempunyai kecepatan lebih cepat dibanding dengan kecepatan koneksi telephone reguler meskipun sama-sama menggunakan tabel tembaga sebagai jalurnya.

ASDL ( Asynchronous Digital Subscribler Line)
Koneksi dengan menggunakan jalur telephone reguler dengan menggunakan modem dan router yang bertipe DSL dimana upstream dan downstream menggunakan kecepatan berbeda. Jalur tipe ADSL memisahkan komunikasi telephone regular dan internet.

ISDN (Integrated Service Digital Network)
Koneksi ISDN mememungkinkan kecepatan transfer data h ingga 128.000 bps dan koneksi ini menggunakan jalur telephone reguler.

  
Jalur koneksi dari hardware hingga ke ISP

dial-up.jpg (320×297)

Alur Jaringan


Menelusuri Jalur Web ke Yahoo.com

Gunakan perintah tracert untuk mengetahui jalur yang dilalui untuk mencapai sebuah website, dalam tampilan diatas ini adalah yahoo.com 

Tracert.JPG (578×345)

Tampilan pada CMD


Perintah diatas hanya mengirim perintah dasar dos yaitu tracert, yang menampilkan jalan yang diambil oleh paket pada jaringan yang saya pakai. dalam hal ini saya ingin tahu apa yang di dapat dari browser saya untuk mendapatkan jalur router atau IP addres ke dalam situs  www.yahoo.com
Maka dapat anda lihat bahwa langkah pertama dari modem yaitu, ketika server dns dariprovider internet dan begitu selanjutnya, sampai po-11.bas2-1-prd.sg3.yahoo.com dan DNSyang tidak mampu menyelesaikan berikutnya jalan untuk mencapai server yahoo DNS
  
Klik start > Run. Ketikan perintah CMD. 
Pada jendela DOS terminal, ketikan tracert disertai nama domain tujuan, seperti pada gambar contoh. 
Tekan enter, maka akan terlihat jalur tempuh mulai dari ISP, lokasi - lokasi berikutnya, hingga akhirnya mencapai domain yang dituju. Semakin panjang jalur tempuhnya maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan data data.
Saat sudah melewati router itu, datanya masuk ke subnet lain yang punya IP public. Berawal dari sini datanya masuk ke router-router yang dipunyai ISP, lalu diteruskan sampai ke server Yahoo! yang IP addressnya adalah [106.10.138.240].

Koneksi Internet dengan Dial Up
Koneksi internet dial up adalah koneksi dengan menggunakan telepon biasa (rumah). Saat ini modem dial-up mampu mencapai kecepatan transmisi data hingga 56 Kbps (klilobit per detik), namun pada kenyataannya belum tentu sesuai dengan yang ditawarkan.
       Kecepatan realnya hanya sekitar 12 sampai 20 kbps. Tetapi seiiring berjalannya waktu, dari telepon rumah saat ini nyatanya bisa digunakan untuk membuat hot spot dengan jaringan yyang dibilang cukup stabil.
Supaya komputer terhubung ke internet, maka membutuhkan ISP (Internet Service Provider), yaitu perusahaan yang menyediakan jasa sambungan internet. Kebanyakan perusahaan telepon, juga sebagai perusahaan penyelenggara koneksi internet.

Kelebihan dial up 
Koneksi Internet lebih mudah digunakan. 
Kekurangan dial up 
Apabila modem Dial-Up digunakan bersamaan dengan telepon rumah sedangkan modem dial up terkoneksi dengan telepon rumah dalam keadaan sibuk, maka internet akan terputus secara otomatis.

Keuntungan : 
Berfungsi untuk mengatur alamat masing-masing komputer dalam suatu jaringan sehingga mempermudah dalam melakukan proses bertukar suatu informasi / mengakses internet
Meningkatkan performance dan keamanan dalam jaringan

Kerugian :
Ada beberapa larangan dalam menentukan IP, yaitu : 
127 tidak boleh digunakan sebagai net id dikarenakn net id 127/8 digunakan sebagai IP loopback, yaitu IP yang mengarah ke PC itu sendiri
255 tidak boleh digunakan sebagai net id atau host name dikarenakan 255 digunakan untuk net mask dan IP broadcast (IP yang mengarah ke seluruh komputer pada jaringan.
Kesimpulan :
Untuk dapat terhubung ke internet dibutuhkan hardware-hardware yang mendukung seperti PC/ modem/ smartphone, dan jalur koneksi mulai dari PC/smartphone hingga dapat terhubung ke ISP adalah dengan melalui  jaringan telekomunikasi yang dibuat oleh masing-masing ISP, misal untuk koneksi speedy yang menggunakan modem untuk dapat tergubung ke internet adalah dengan melalui jaringan telepon yang dibangun di tiap-tiap rumah sedangkan jika menggunakan smartphone adalah melalui BTS terlebih dahulu.
Masing-masing perangkat mempunyai jalur koneksi nya sendiri.


Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.