Sabtu, 12 September 2015

Liga Italia : AsRoma Vs Lazio 2-2

thumbnailREUTERS/Alessandro Bianchi
Derby Roma edisi pertama musim 2014/2015 berakhir imbang 2-2. Gol dari Stefano Mauri dan Felipe Anderson di babak pertama, mampu disamakan oleh Sang Pangeran Roma, Francesco Totti, pada babak kedua.

Ya, Lazio sempat unggul 2-0 pada 45 menit babak pertama. Namun ilmu pelet birahi kejelian allenatore Roma, Rudi Garcia, dalam membaca permainan membuat Roma mampu mencetak dua gol pada babak kedua. Sebuah hasil yang rasanya kembali disesali oleh pelatih Lazio, Stefano Pioli.



Lazio Menyerang Lewat Felipe Anderson

Para pendukung Roma, yang pada pertandingan semalam (11/1) menjadi tuan rumah, cukup geram dengan dua gol yang diciptakan Lazio pada babak pertama. Bagaimana tidak, proses dua gol yang diciptakan Biancoceleste ini bisa dibilang relatif lebih mudah.

Gol pertama, terjadi karena blunder Daniele De Rossi yang gagal mengontrol bola dengan baik sehingga direbut Felipe Anderson, dan kesalahan Jose Holebas yang tak mengantisipasi pergerakan Mauri. Sedangkan gol kedua, lini tengah membiarkan Anderson dengan leluasa melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Namun terlepas dari itu, Lazio memang cukup cerdik membongkar pertahanan Roma yang menerapkan garis pertahanan tinggi. Sejak tengah lapangan, trio gelandang Lazio, Mauri-Lucas Biglia-Marco Parolo, langsung mendistribusikan bola ke sisi sayap.


[Grafik umpan Lazio pada babak pertama]

Pilihan ini diambil karena bek kanan dan kiri Roma, Jose Holebas dan Douglas Maicon, sangat aktif membantu serangan dan meninggalkan posisinya. Celah itulah yang ingin dimanfaatkan Stefano Pioli sehingga menginstruksikan anak asuhnya untuk memanfaatkan lebar lapangan.

Terlebih Maicon kurang baik dalam melakukan transisi dari menyerang ke bertahan pada laga ini. Terlihat dari banyak peluang Lazio yang dihasilkan ketika menyerang lewat sisi kiri, area Maicon (lihat garis biru dan kuning pada grafis di atas). Berbeda dengan Holebas yang meski rajin naik tapi lebih sering berada di area pertahanan ketimbang di lini serang. Gol pertama Lazio pun tercipta dari sisi Maicon.

Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.