Halaman

5 TAHAP CARA PENTING MENANAM DAUN BAWANG

INI DIA, 5 TAHAP LANGKAH CARA MENANAM DAUN BAWANG

  Daun bawang Merupakan salah satu dari berbagai jenis sayura yang unik dan paling bermanfaat di kalangan jenisnya, Tanaman ini sering kali kita jumpai di pedesaan, Kali ini jenis yang mudah di manfaatkan bagi kita semua, biasanya tanaman ini di gunakan sebagai masakan sayuran tambahan seperti berbagai olahan masakan rumah tangga dan sudah menjadi ciri khas masakan di indonesia seperti campuran dalam memasak telur dadar, martabak goreng, sop dan cemilan lainya, 
  Daun bawang dalam masakan adalah sebagai bumbu tambahan cita rasa sebuah masakan khas indonesia, manfaat daun bawang sangat banyak dan banyak mengandung gizi dan vitamin, sudah memjadi rahasia umum bahwa daun bawang banyak ditanam di budidaya di kampung maupun sekedar ditanam di media pot di kota kota besar, Dan pada kesempatan ini kita akan mengupas cara menanam tanaman sayur daun bawang dengan 5 langkan jasil memuaskan, bagaimana caranya simak berikut tatacara menanam daun bawang yang baik dan benar;


5 TAHAP CARA PENTING MENANAM DAUN BAWANG
Manfaat Daun Bawang


 Cara menanam daun bawang cukup terbilang sangat mudah, berbeda dengan budidaya tanaman lain, Teman teman cukup memotong batang daun bawang yang sudah di cabut dan di tancapkan di lahan yang subur, tanpa anada repot menyemai dan perlakuan lainya, Dan meskipun cara menanam daun bawang terbilang sangat gampang dan mudah, banyak petani enggan bercocok tanam atau budidaya tanaman sayur ini padahal banyak sekali manfaatnya, 
  Hal seperti ini Justru para pentani harus berfikir untuk mencoba budidaya tanaman ini, bahwa bercocok tanam daun bawang adalah kesempatan emas,kenapa, ,, karena persaingan budidaya tanaman ini sangat sedikit dan terbilang langka prosepek di pasaran sangatlah besar dan menjajikan keuntungan besar, 

  Jika ingin berbudidaya tanaman ini dengan baik dan bernar, perhatikan langkah langkah yang saya akan kupas sampai habis, antara lain adalah Pemilihan bibi, pengolahan lahan, penanaman bibit perawatan hingga masa panen, 

    5 TAHAP PENTING CARA BERBUDIDAYA TANAMAN DAUN BAWANG.

1 . Pemilihan Bibit Daun Bawang


5 TAHAP CARA PENTING MENANAM DAUN BAWANG
Bibit Yang Baik Dan Unggul

     Jika anda ingin menanam dengan hasil berkualita dan bagus, Gunakan dan pilih bibit daun bawang yang baik, sehat dan berkualitas unggul.
     Mengunakan bibit yang lebih tua dari tanaman daun bawang, ciri khas bibit tua dari tanaman ini adalah daun bawang terlihat tipis dan berisi padat di bandingkan daun muda tanaman ini.
     Jika anda mengunakan bibit yang ada di pasaran atau di jual di warung, pilihlah yang sudah tua, karena yang biasa di jual di pasar atau toko klontong umumnya masih muda.

2 . Persiapan Lahan Atau Media Tanam Daun Bawang

      Cara ini berpengaru untuk tumbuh kembangnya Daun bawang, Mempersiapkan media tanam daun bawang tidak sembarang sebab media tanam yang bagus dan berkualitas harus disiapkan sebelum proses penanaman tiba,  biasanya sekitar 2-3 minggu lamanya. tujuan didiamkan selama itu adalah agar media tanaman daun bawang bisa memuai atau berkembang sehingga tanah yang mengandung racun bisa hilang, 
  
    Hal hal seperti ini mohon di perhatikan dengan sungguh sunggu agar bisa memetik hasil yang bagus dan berkualitas, Karena daun bawang rentan terkena bibit hama penyakit seperti bercak bercak hitam pada daun banwang, layu hingga kematian dan membusuk.
   
    Media tanam Sayur daun bawang yang tebaik dan berkualitas adalah media tanam yang prosesnya perpaduan atau percampuran tanah dengan pupuk kandang atah pupuk kompos yang harus di perhatika dalam mencapur saat proses pembuatan media tanam adalah dosis atara tanah dan pupuk kisaran 50:50.
     
   Adapun jenis pupuk yang di gunakan dalam membudidaya tanaman iniadalah sebagai berikut ini biasanya di gunakan dj pasaran para petani seperti, 


5 TAHAP CARA PENTING MENANAM DAUN BAWANG
Persiapan Dan Pemupukan Lahan


  1. Pupuk kandang
  2. Pupuk hasil sampah kompos
  3. Pupuk hasil gergajian kayu
  4. Pupuk hasil limbah rumah tangga
  5. Pupuk hasil limbah padi atau jerami padi
  6. Pupuk kascing
  Pupuk kascing adalah solusi dari penggati pupuk yang lain jika tidak ada, anda bisa membeli di toko pupu yang khusu pertanian, pupuk ini adalah hasil dari limbah ternak cacing, yang banyak kandungan vitamin dan meneral yang di butuhkan tanaman daun bawang itu sendiri.

  Dari bahan yang ada sukai di atas, kemudian lakukan proses pengolahan media tanam dengan cara mencampurakan bahan bahan pupuk dengan tanah yang untu media tanam daun bawang sampai merata denga dosis     percampuran 50 banding 50.

   Pindahkan tanah dan pupuk yang sudah di campur merata ke polibag atau ke media lain yang sejenisnya masukan bahan media tanam kemudian siap di tanam usahakan sedikit terpapar sinar matahari.

3 . Proses Cara Menanam Daun Bawang

    Kemudian proses penanaman tiba, setelah proses pendiaman tanah selesai kurang lebih 2 hingga 3 minggu media tanam siap di tanami, bibit yang sudah di pilih dan berkualitas saatnya ditanam denga cara benanmkan bibig di media tanam sedalam kurang lebih 4 hingga 5 cm. selanjutnya di tutup dengan tanah secukupnya tanaman daun bawang, lakukan penyiraman tanaman dengan air secukulnya, kondisikan bibit tanaman posisi tegak ke atas meskipun miring beberapa derajat juga di perbolehkan guna tidak mengganu calon tumbuh akar pada tanaman daun bawang iti sendiri.

4 . Langkah Selanjutnya Penyiraman Dan Perawatan

    Segala sesuatu butuh perawatan gak tanaman sampai kehidupan agak mendapatkan hasil yang maksima ,terlebih pada tanaman daun bawang ini. Dalam melakukan penyiraman tanaman daun bawang ini harus dilakukan secara rutin agar kebutuhan air selalau tercukupi dengan baik, Penyiraman daun bawang dari proses tanam bisa di lakukan 2 kali dalam sehari yaitu di lakukan pada pagi dan sore hari saat musim kemarau tiba, pada musim hujan di sarankan agar penyiraman di lakuan 1 kali dalam sehari.

   Penanganan penyakig bisa dilakukan penyemprotan tanaman dengan obat hama penyakit atau denga cara manual yaitu mencabut dan membuang tanaman yang terkena hama penyakit.

5 . Masa Panen 

    Jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dan berkualitas unggul maka setiap apa yang kita tanam harus di lakuka dengan perawatan dan pemeliharan yang baik pula, budidaya daun bawang tidak sulit jika semua dilakukan dengan terawat, tanaman daun bawang biasanya akan panen pada umur 2 hingga 2,5 bulan saja.

5 TAHAP CARA PENTING MENANAM DAUN BAWANG
Masa Panen Daun Bawang

     Cara panen daun bawang bisa dilakukan dengan cara mencabut atau memotong kemudian di dipilih kualitasnya lansung di bawa ke pengepul sayuran.

Demikianlah 5 langkah cara budidaya tanaman daun bawang yang baik dan benar, jika ingin mendapatkan hasil baik dan unggul lakukan apa yang ada di aturanya, semoga bisa jadi manfaat bagi kita dan semuanya amin


Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar