Halaman

KIAT SUKSES KHUSUS DALAM BUDIDAYA MENTIMUN HIBRID

KIAT SUKSES KHUSUS BUDIDAYA TANAMAN MENTIMUN HIBRID


  Memtimun apa itu mentimum adalah Tanamn buah yang kaya akan manfaat kegunaaanya selain untuk sayur, mentimun juga bisa buat obat, Mentimun atau nama lain dalam bahasa latin Cucumis Sativus ini merupakan keluarga dari tanaman labu,semangka dan melon ini juga memiliki nama lain dalam bahasa latinya Cucurbitacease, Tanaman jenis ini memiliki kandungan air yang sangat melimpah.


KIAT SUKSES KHUSUS DALAM BUDIDAYA MENTIMUN HIBRID

  Sangat mudah dan cukup familiar bagi masyarak di indonesia karen cukup banyak orang yang mencoba keberutungan lewat budidaya tanaman mentimun dan sejenisnya, Baik dalam jumlah luas ataupun cuma sekedar iseng menanam tanaman ini.

  Bayak vitamin dan mineral dalam buah tanaman mentimun dan sejeninya,Berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita, Untuk mendapatkan hasil mentimun berkualitas expor sebaiknya mengunakan panduan tata cara budidaya mentimun yang tepat, apabila sesuai dengan panduan tanaman mentimun bisa sangat menguntungkan bagi kita, 

  Berikut panduan tatacara membudidaya tanaman mentimun yang baik dan benar hasil kualitas expor yang sering digunakan para petani budidaya mentimun sebagai budidaya pemula

    1 . LANGKAH LANGKAH DAN SYARAT MENTIMUN BISA BERKEMBANG BAIK

   Mentimun sesungguhnya tanaman budidaya yang sangat gampang untuk di budidaya, Mentimun bisa tumbuh di berbagai iklim termasuk iklim di indonesia yaitu iklim tropis, Namun idealnya jika ingin berbudidaya mentimun sebaiknya pada musil kemarau atau iklim kering kisaran di suhu 22˚C - 27˚C ,
    
    Berikut syarat mentimun bisa tumbuh dengan baik dan hasil maksimal kualitas unggul;

  1.  Ketinggian tanah untuk membudidaya tanaman mentimun di kisaran 1000m sampai 1.200m diatas permukaan laut itu lebih ideal, Meskipun tanaman mentimun masih bisa tumbuh dan beebuah di daratan rendah.
  2. Setruktur tanahnya bayak mengandung hara organik dan subur.
  3. Tanah liat tekturnya sangat rendah, dengan tingka jenis keasaman tanah sekitar pHnya 6 - 7,
  4. Dalam budidaya mentimun,Perawatannya cukup intens, ekstra perawatan jika ingin mendapatkan hasil mentimun kualitas unggul, mentimun rentan terserang penyakit, hama, dan faktor cuaca.

    2 . PEMILIHAN BENIH  MENTIMUN


     Sebelum menanam dan mencoba budidaya tanaman mentimun, perlu diperhatikan masalah pemilihan benih mentimun, Ini merupakan salah satu faktor utama dalam budidaya mentimun, Biji mentimun sangat banyak dalam satu buah mentimun ketika anda mencoba budidaya hati hati pemilihan benih mentimun, salah satunya bibit indukkan pilihlah mentimun berpangkal kecil dan dengan buah besar panjang.

   Berikut ini adalah cara proses pemilihan benih berkualitas;

KIAT SUKSES KHUSUS DALAM BUDIDAYA MENTIMUN HIBRID

  1. Untuk bibit idukan mentimun harus bener bener tua dan hampir membusuk di tanaman samapi warna berubah.
  2. Indukan mentimun setalah di petik, diamkan selama 1 hari 1 malam, kemudian di kupas dari daging mentimun [ kerok bijinya ].
  3. Biji mentimun cuci dan simpan pada tempat yang bersih agar tidak tercemar hama biji.
  4. Biji direndam kemudian ambil biji yang tengelam, menadakan biji yang baik full isi.
  5. Biji yanga akan ditanam terlebih dahulu di jemur selama 1-2 hari samapi kandungan air didalam biji kering.
  6. Kemudian bijk yang akan di tanam perlu diamkan selama 1-2 bulan, sebari pembutan lahan jadi.
  7. Biji mentimun yang akan di tanam terlebih dahulu dijambang sampai keluar akar,dan tunas akan tumbu dalam waktu 20-24 jam.

    3 . PERSIAPA LAHAN TANAM UNTUK BENIH MENTIMUN

       Hal hal mengenai media tanah untuk tanaman mentimun adalah tanah yang memiliki struktur bagus, tanah bayak pupuk organk dan banyak kandungan haranya, selain itu pengolahan tanah dengan cara penggembura dan pencakulan tanah,Tanah yang di bajak atau di cangkul sebaiknya kedalaman bajak atau cankulan antara 20 sampai 20-30cm kemudian buat galengan.

   adapun bentuk galengan /bedengan atau gulungan dengan idealnya sebagai berikut ;

KIAT SUKSES KHUSUS DALAM BUDIDAYA MENTIMUN HIBRID

  • Ideal tanaman mentimun berukuran 1 meter dan tinggi bedengan 30-40 dari tanah dasar.
  • Jika dalam jumlah banyak tanaman mentimu panjangnya di sesuaikan kebutuhan.
  • Kemudian bedengan atau gulungan di tutup dengan mulsa atau plastik pertanian yang kusus tanaman, lakukan pada siang hari saat panas agar kondisinya bagus.
  • Lubang dalan tanggul atau bedengan tentu ada ukuran yaitu berdiameter 10 cm dan jarak antara lubang satu dengan lubang lain antara 40-50cm sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Tanaman mentimun juga butuh pupuk agam kualitas buah bagus dan besar, pupuk di setiap lubang tanam idealnya adalah 1 Ha 25-35 per ton, pupuk yang digunakan adalah pupuk komlos atau pupuk kandang disiamkan selama 1 samapi 2 minggu.

   4 . PENANAMAN BIBIT MENTIMUN

       Penanaman mentimu bisa di bilang gampang gampang susah, karena bibit mentimun yang belum cukup umur akan mudah layu dan mati, Oleh karena itu prosea penjambangan sangat di perlukan, Kemudian bibit mentimun yang sudah memiliki 3-4 daun masukan dalam lubang penanaman yang sudah di persiapkan.
       Kemudian tutup setelah di masukan ke lubang ,tutup lubang dengan pupuk kompos atau kandang yang sudah di campur tanah ringan, setelah itu lakukan penyiraman secukupnya bagi dan sore sesuaikan dengan kebutuhan mentimun, 2 samapai 3 hari bibit mentimun akan tumbuh tunas baru, akhir musim panen padi di sawah adalab waktu yang baik untuk berbudidaya mentimun.


   5 . PERAWATAN TANAMAN MENTIMUN

        Adapun perawatan mentimun agar bibit tumbuh dengan progres cepat dan baik serta sehat yang anda harus lakukan adalah sebagai berikut ;

a.    Pengairan yang cukup untuk kebutuhan hidup dan tumbuhnya tanaman mentimun yang baik.
       Perlakuan ini dilakukan ketika tanaman mentimun berumur 1 hari samapi 4 hari dan berkecambah. Dan kemudian di lanjut lagi ketika tanaman mentimun mencapai umur 15 hari sampai 20 hari, pada umur ini jangan terlalu banyak penyiraman, batang timun akan mudah busuk dan mati.

b.    Pemupupukan Tanaman Mentimun
       Macam macam pupuk ketika mencoba budidaya tanaman mentimun yang perlu di ketahui pagi pemula, dan kebutuhan pupuk untuk tanaman mentimun adalah sebagai berikut ;
   1 ~ Pupuk organik ini di berikan pada saat                 sebelum masa tanam, [Pengolahan lahan].
    
   2 ~ Pupuk jenis Urea, Komposisi pemupukan
          75 kg per Ha. 25 -35 kg diwaktu menanam
          mentimun.
   3 ~ Kemudian Pupuk KCL dan Pupuk TSP,
           dengan perbandingan 20 banding 40kg
           per Ha. 

c . Pengendalian Hama Dan Penyakit Mentimun

     Hal ini perlu dilakukan dengan seksama hama penyakit pada mentimun sangalah merugikan para petani sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan buah mentimun.

berikut ini adalah jenis gulma dan cara penangananya ;
  • Gulma sangat merugikan para petani, hal ini harus di berikan pestisida dengan roudap saat tanamam mentimun tumbuh bunga.
  • Hama kepik, bisa dengan cara manual atau dengan obat obatan, berikan insektisida Surecida 20 EC atau Azodrin 15 WCS ketika mentimun mengijak umur 20 hari tanam.
  • Cara lain penyemprotan tanaman dan sekitar tanamn denga isektisida di waktu mentimun 7-10 hari.
  • Untuk hama kerat daun di berikan fungisida Dithane M-45 tanaman mencapai umur 20 hari atau tanaman yang terserang penyakit itu langsung cabut dan buang atau bakar.

  6 . MASA PANEN MENTIMUN

      Masa panen telah tiba, untuk panen pertama kali mentimun di perkirakan umur 75 hari untuk mentimun biasa,  sedangkan mentimun hibrida adalah 40 hari sudah siapa di panen raya, 
       Panen mentimun sebaiknya dilakukan secara bertahap selama 1 sampai 1,5 bulan setipa hari pada pukul 09,00 pagi, kemudian ambilah mentimun yang sudah memenuhi stadar jual di pasar maupun supermarket, setiap pohon mentimun bisa menghasilkan 1-2 buah per batang jika dilakukan beetahap, 

KIAT SUKSES KHUSUS DALAM BUDIDAYA MENTIMUN HIBRID

   Jika melakukan budidaya mentimun dengan baik dan tepat sesuai panduan dan aturan penanaman hasil perHaktar bisa mencapa lebih dari 30 ton, 

   Agar tetap benilai ekonomis tinggi sebaiknya mentimun setelah di petik, simpanlah di tempat yang sejuk agat kandungan air pada mentimu tidak hilang tersengat sinar matahari, kulit mentimu yang mudah rusak jadi hati hati pada saat penyipanan agar warna tetap segar dan tidak pudar dan layu, 

Demikian cara dan langkah langkah menanam budidaya tanaman mentimun hibrid yang baik dan benar, mudah mudan bermanfaat dan jadi panduan para pemula untum berbudisaya mentimun dan akhir kata bermanfaat untu kita semua,  Aminn


Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar