Halaman

TRIK LANGKAH LANGKAH CARA BUDIDAYA PAPRIKA DENGAN BAIK DAN BEMAR

4 LANGKAH TRIK CARA BUDIDAYA PAPRIKA YANG JARANG DI KETAHUI

Capsicum Annuum atau disebut juga Paprika merupakan tanaman buah sayuran yang memiliki rasa manis dan sedikit rasa pedas. Tanamana Paprika yang masuk golongan atau suku terong terongan, cabe cabean, tanaman ini berasal dari daratan eropa tepatnya adalah di benua amerika selatan. Tanaman Paprika ini memiliki 4 warna menurut tinggkat ketuan pada paprika, jika masih muda tanaman paprika berwarna hijau mudah dan jika saat tanaman paprika sudah berumur panen akan memiliki warna kuning, ungu dan merah hati. 



TRIK LANGKAH LANGKAH CARA BUDIDAYA PAPRIKA DENGAN BAIK DAN BEMAR
Paprika Kualitas Unggul

Manfaat tanaman paprika cukup banyak dan tanaman buah sayur bisa di olah dengan berbagai masakan campuran seperti pizzhut, dan lain lain. Diindonesia sendiri tanaman paprika belum cukup populer dan beleum cukup terkenal dan orang orang belum banyak yang membudidaya, Hal ini cukup menguntungkan bagi para pemula yang ingin membudidaya tanaman parika, karena peluang bisnis yang cukup menjanjikan, belum ada persaingan dalam penjualan Tanaman paprika, Sedangkan kebutuhan akan Tanaman ini semakin tahun meningkat dan semakin tinggi, Bagi pemula yang ingin membudidaya tanaman paprika bisa membaca artike ini dan akan saya jelaskan bagaimana membudidaya tamanan papikan yang baik dan benar hasil menjanjikan,,,

  Berikut cara cara budidaya tanaman Paprikan yang baik dan benar;

1 . Syarat Tumbuh Tanaman Paprika


   Pertama yang harus diperhatikan dalam membudidaya tanaman buah Paprika adalah sebagai berikut


  • Tanaman paprika dapat tumbuh di daratan tinggi dikisaran tanah 750 sampai 1000 di atas permukaan laut.
  • Tanaman Paprika bisa tumbuh di daratan rendah kisaran dibawah 750, Namun akan mempengaruhi hasil panen yang tidak bagus tidak optimal.
  • Tanaman paprika bisa tumbuh dengan baik jika disuatu daerah memiliki curah hujan antara 250 sampai 270 mm per tahun.
  • Suhu juga menentukan di suatu daerah untuk menanam tanaman paprika, untuk menanam paprika suhu yang di perlukan dengan kelembaban antara 21 ˚C sampai 27 ˚C pada siang hari dan jika malam tiba suhu yang dibutukan pada tanaman ini adalah 13 ˚C sampai 16 ˚C  suhu kelembaban 80 %.
  • Untuk menaman paprikan faktor tanah juga menetukan hasil yang baik dan buruk adalah dari faktor tanah, Jika untuk menanam paprika tanah yang baik dan bagus adalah betuk tanah atau jenis tanah yang gembur, tanah mudah mengikat kandungan air, memiliki kedalam solum 1 m.
  • Jenis tanah harus mampu mengikat air yang cukup baik, daya tahan tanah yang baik, dan tanah yang memiliki atau usur kandungan organik yang cukup tinggi seperti tanah liat atau lempung, tanah sedikit pasir, serta memiliki kandungan pH yang cukup baik untuk melakukan bididaya adalah 5,5 sampai 6,5.
TRIK LANGKAH LANGKAH CARA BUDIDAYA PAPRIKA DENGAN BAIK DAN BEMAR
Syarat Tumbuh Lahan Paprika

 2 . Persiapan Benih Paprika Yang Baik Dan Berkualitas

  1.     Memilih benih bibit paprika yang baik dan berkualitas unggul, jika beli benih bibit paprika belilah di toko yang khusus pertanian.
  2. Saran jika akan berbudidaya tanaman paprika pilih bibit yang hibrid yang telah banyak di tanam dan telah teruji kualitasnya.
  3. Memilih benih bibit paprika yang banyak di tanam di belahan dunia sperti Paprika jumbo sweet, marengo dan gold flame.
  4. Jenis paprika atau vareannya bisa di dapat di pertokoan pertanian yang memiliki lesensi dari departemen tertentu jika ingin benih bibit unggul dan berkualitas.
Itu adalah persiapan benih bibit paprika yang mudah untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan optimal, jika anda ingin membudidayakan tanaman paprika mungkin ini adalah suatu hal inofasi dan informasi yang cukup baik.

 3 . Penyemaian Benih Bibit Paprika

    Bagaimana setelah dapat dan menentukan benih bibit paprika, bagaimana cara cara selanjutnya untuk menyemai bibit benih paprika yang baik dan benar dan hasil baik adalah sebagai berikut, 
TRIK LANGKAH LANGKAH CARA BUDIDAYA PAPRIKA DENGAN BAIK DAN BEMAR
Penyemaian Bibit Paprika

  • Penyemaian benih bibit paprika bisa di lakukan dengam cara memilih media semai yaitu polybag, atau plastik pot kecil yang mudah di bongkar, yang berukuran  6 cm sampai 8 cm.
  • Perendaman benih bibit paprika pada air hangat selama waktunya sekitar 2 jam.
  • Media tanam benih bibit paprika semai berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan juga merang atau bekatul.
  • Pengisian untuk media tanam pada polybag atau tray seperti bahan bahan yang telah di aduk aduk merata kemudian di isi.
  • Kemudian benih yang di rendam pada air hangat di selama 2 jam diangkat dan di tiriskan.
  • Masukan benih bibit ke polybag isi dalam polybag dalam 1 polybag 1 sampai 2 benih biji paprika,setelah itu sungkup dengan mulsa plastik kusus pertanian agar cepat tumbuh.
  • Setelah beberapa hari yaitu 7 sampai 10 hari benih bibit paprika akan tumbuh, maka buka sungkup mulsa plastik dan tak lupa buat naungan untuk menjaga bibit paprika yang baru tumbuh dari sinar matahari dan air hujan secara langsung.
Itulah bagaimana cara penyemaian benih bibit paprika yang menurut banyak orang menggunakan cara cara umum yang baik dan benar

 4 . Persiapan Lahan Tanam Paprika

TRIK LANGKAH LANGKAH CARA BUDIDAYA PAPRIKA DENGAN BAIK DAN BEMAR
Persiapan Lahan Tanam

  •  
    Sebelum menanam kemedia tanam lansung hal yang harus di perhatikan dalam menanam paprika adalah lahan sebaiknya di persihkan dari gulma dan hama penyakit atau tanaman penggau lain yang menggangu tanaman paprika jika sudah di tanam.
  • Pengolahan lahan tanam media tanam dengan cara melakukan penggemburan tanah dengan cara mencangkul atau membajak kedalam sekitar 25 cm hingga 30 cm,  agar tanah porus gembur.
  • Lakukan pencangkulan atau pembajankan sebanyak 2 hingga 3 kali selama pengolahan lahan.
  • Perlu di perhatikan pada unsur tanah yang di olah, jika unsur pH tanah kurang dark 5,4 hingga 5,5 maka wajib melakukan pengutan unsur tanah dengan cara pengapuran tanah dengan dolamite dan kemudian setelah di tabur lahan taman di biarkan selama 1 hingga 3 hari agar menedapatkan pH tanah yang baik.
  • Kemudian pembuatan lahan menjadj bedengan atau penggulutan lahan, pada umumnya bedengan di buat dengan ukuran 25 hingga 30 cm dari lahan awal, lebar bedengan 100 cm panjangnya sesuaikan lahan yang tersedia.
  • Pemupukan dasar diatas lahan yang sudah dj bedeng bedeng, dan pupuk yang di gunakan adalah pupuk jenis pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk urea dan pupuk KCL, diaduk aduk bahan pupuk hingga merata dan ditabur merata di atas bedengan.
  • Setelah bahan bahan pupuk merata di atas bedengan lahan didiamkan selama 2 hingga 3 minnggu dan tak lupa lakukan penyiraman.
  • Lakukan pemasangan plastik mulsa khusus pertanian hal ini dilakukan sebaiknha pada siang hari.
  • Dalam satu bendengan buatlah lubang 2 baris, pembuatan lubang dengan cara di tugal sekitar 10 cm.
  • Jarak antara tanaman di buat denga ukuran pada umumnya di buat yang lebih ideal, yaitu jika pada musim kemarau jarak sekitar 44 hingga 50 cm. dan dibuat debang dengan kedalaman 60 hingga 65 cm.
  • Jika jarak tanam pada musim hujam dibuat antara 55 hingga 60 cm, dan lunang dalam 1 baris di buat 70 hingga 75 cm.

 5 . Penanaman  Bibit Paprika

      Jika dari semua yang sudah disiapakn dan telah siap dan tiba waktunya menanam bibit paprika hal yang perlu dipersipkan dan diperlakukan adalah sebagai berikut, Tanaman bibit paprika bisa ditanam dilahan langsung setelah memasuki umur 30 hingga 35 hari dari masa persiapan benih hingga sekarang masa tanam,
       Lakukan pelepasan media penye,aian sebelum di tanam di tanah langsung dari polybag atau media penyemai lain, guna memudahkan penanaman ke media tanah langsung, 
        Kemudian masukan bibit paprika pada lubang yang telah dibuat di lahan tanah langsung atau bedengan dan hati hati, kemudian tutup lubang dengan tanah dan lakukan penyiraman dengan teratur, penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari.

  6 . Pemasangan Ajir Atau Lanjaran

    Setelah selesai bibit penanaman maka pembuatan ajir atau lanjaran, ajir bisa di buat dengan bahan bahan sederhana seperti potongan kayu atau ranting, dan lebih mudah lagi adalah ajir dari bambu, 
      Fungsi dan tujuan pembuatan ajir dan pemasangan ajir adalah memperkokoh tananaman paprika agar tidak mudah merebah dan ambruk dan sekalian menyanggah buah nantinya, juga menjaga dari terjangan angin
      Pada umumnya ajer atau ceger di buat dengan ukuran 1 hingga 1,5 meter tergantung tumbuh kembang dari tanaman paprika itu sendiri.

       Tanaman paprika sebetulny hanya membutuhkan cahaya matahari yang intesitas cukup rendah, tanaman paprika harus dilindungi dengan cara pembuatan naungan atau pelindunga guna membatasi paparan sinar matahari langsung, maka perlu maungan bisa dengan paranet, atau bahan lain

  7 . Perawatan Tanaman Paprika

     Perawatan tanaman paprika bisa dilakukan dengan beberapa hal salah satunya dengan perawatan secara intesif seperti
TRIK LANGKAH LANGKAH CARA BUDIDAYA PAPRIKA DENGAN BAIK DAN BEMAR
Perawatan Tanaman Paprika


  • Penyiraman, Lakukan penyiraman secara teratur dan terjaga, karena jika musim kemarau perlu air dan penyiraman yang cukup, dan pada musih hujan jangan terlalu banyak.
  • Lakukan penyulaman tanaman paprika,apa bila ada tanaman paprikan yang mati dan tumbuh kembangnya tidak bagus, maka lakukan penyulaman guna untuk menyerempakan atau menyamakan tanaman dan buah pada saat panen.
  • Pengikatan di ajir, hal ini dilakukan untuk menjaga kerobohan dini pada tanaman paprika jika terjadi badai angin atau hijan lebat.
  • Penyiangan, Hal ini dilakukan penyiangan guna membersihkan tanaman penggangu seperti gulma dan hama penykit lainnya
  
   8 . Pemupukan Susulan Pada Tanaman 

    Lakukan pemupukan ulang pada tanaman paprika pada saat umur tanaman baru sekitar 10 hari dengan mengunakan pupuk Urea,  KCL, KN03, TSP dan NPK dengam cara pemupukan di curah atau tabur, 
   Kemudian lakukan pemupukan daun pada tanaman paprika guna merangsang pertumbuhan cabang dan bunga,dan pemberian pupuk tersebut pada umur 10 hari, pemupukan daun di lakukan 7 hingga 10 hari sekali.

  9 . Masa Panen Paprika

   Masa panen tanaman buah sayur paprika bisa dilakukan setelah berumur kisaran 60 dari masa tanam, tapi buah sayur paprikan ,asa panen tergantung dari permintaan pasar jika ingin warna hijau artinnya masih muda pun bisa di panen dan sampe merah semua tergantng permintaan pasar, dan tergantung dari keinginan orang yang budidaya tanaman paprika tersebut, pemanenan tanaman paprika bisa di lakukan secara bertahap setiap 2 sampai hari sekali.
TRIK LANGKAH LANGKAH CARA BUDIDAYA PAPRIKA DENGAN BAIK DAN BEMAR
Masa Panen Paprika

  jika dilakukan dengan baik tanaman paprika bisa mengahsilkan keuntunga tersediri dengan hasil yang optimal dan kualitas jual pasar dengan tinggi.


Demikian cara cara budidaya tanaman buah sayur paprika semoga bermnfaat bagi pembaca yang ingin mulai membudidaya tanaman tersebut, bagi pemula dj anjurkan agar dilakukan dengan benar agar mendapat hasil yang tidak mengecewakan, amin


Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar