Halaman

TRIK CARA BUDIDAYA MELON TANPA BIJI

CARA MENANAM MELON TANPA BIJI YANG BAIK DAN BENAR


TRIK CARA BUDIDAYA MELON TANPA BIJI
Melon Kualitas Baik

 Melon merupakan tanaman buah yang termasuk dalam suku labu labuan,Tanaman melon juga mempunyai bahasa latin Cucurbitaceae. Buah melon biasaya di makan segar dan sebagai buah sajian di atas meja, atau diiris iris sebagai campuran Es buah, Bagian yang di makan di buah melon adalah bagian daging atau Mesokrap, buah melon juga banyak kandungan mineral dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh kita, seperti banyak mengandung kalium, vitamin C, vitamin B6 dan masih banyak lainya.
  Penyebaran buah melon awal mula buah melon dalah dari daratan Persia, dan menyebar luas dari Timur tengah ,Eropa, Amerika, Asia,  hingga sampai tempat kita yaitu Indonesia, Jika anda ingin membudidaya tanaman ini secara langsung anda bisa langsung melihat cara caranya, kemudian anda bisa datang ketempat pembudidayaan seperti daerah Bogor, kalianda lampung, metro, ngawi, madiun dan ponorogo jawa timur, dan masih banyak lagi derah di indonesia penyebaranya, tapi jika anda yang belum mempunyai biyaya, ada cukup membaca artikel ini dengan baik dan benar.
   Articel ini akan mengupas habis bagaimana sih,,, cara budidaya tanaman melon yang baik dan benar, anda cukup membaca dan menyimak apa isi artikel ini, berikut penjelasanya,

  Cara menanam atau budidaya tanaman buah melon tak terlepas dari penentuan lahan tanam itu sendiri, karena lahan atau media tanam untuk melon yang sesuai dengan habitat melon itu sendiri akan menghasilkan tanaman yang buahnya bagus dan berkualitas, 

a . Syarat Tumbuh Tanaman Melon 


  •  Keadaan lahan atau tanah yang banyak mengandung unsur hara, seperti mengandung pasir dan tanah liat, ini adalah media lahan yang terbaik buat menanam melon.
  • Perhatikan unsur pH tanah, pH tanah yang baik untuk tanam melon adalah netral antara 5 hingga 7.
  • Mencari dataran rendah dan ketinggian tanah dari permukaan laut antara 350 hingga 950 meter di atas permukaan laut, jika ingin mendapatkan tanaman dan buah yang baik.
  • Jika menanam buah melon idealnya di musim pertengahan kemarau menjelang musim hujan, apa bila tanam du musim hujan akan tidak baik hasilnya.
  • Perhatikan suhu jika anda ingin menanam tanaman buah melon, buah melon akan tumbuh subur perkembangan dan buahnya pada suhu kisaran 23 hingga 28 ˚C, artinya suhu sejuk dan kering.
  • Tanaman melon untuk fotosintesis,tanaman ini butuh penyinaran matahari setiap hari, menanan buah melon hendaklah di tanah lahan yang lapang, tujuanya agar terpapar sinar matahari full.
  • Faktor angin pada menanam buah melon juga sangat penting dalam menanam buah melon, hindari dari angin kencang, guna mengantisipasi terjadinya patah pada batang tangkai daun dan buah.
Bagi para pemula hendaklah jangan menanam tanaman buah melon di dataran terlalau tinggi dan melebih 1000 meter dari permukaan laut, bagi pemula cobalah di daerah rendah seperti sawah atau peladangan.

b . Cara Memilih Benih Bibit Melon

  Langkah ini perlu dilakukan sebelum bercocok tanam budidaya melon, jika hal ini di lakukan dengan asal asalan memilih benih, maka hasil dan kualitasnya tidak bagus yang di harapkan, tentunya hal ini sangat perlu perlakuan pemilihan benih bibit melon yaitu dengan cara cara sebgai beriku, 

  • Menentukan buah melon yanga akan di jadikan benih bibit melon, apakah hibrid atau varietas lainya.
  • Usahakan bagi pemula benih bibit melon yang berkualitas unggul, agar tidak mengecewakan, caranya anda bisa membeli di toko khusus pertanian.
  • Jika benih bibit sudah di tentukan san telah didapatkan, maka lakukan perendaman selama kurang lebih 2 jam, untuk menntukan hasil baik buruknya benih bibit melon.
  • Ambil benih bibit melon yang tengelam kemudian di tiriskan lalu di simpan di tempat yang kering agat tidak terkena jamur.
  • Kemudian penyimpanan sampai proses tanam tiba waktunya

c . Cara Atau Proses Persemaian Benih Bibit Melon

TRIK CARA BUDIDAYA MELON TANPA BIJI
Cara Penyemaian Yang Baik

  Jika anda mencoba budidaya tanaman buah melon hendaklah proses ini jangan dilewatkan begitu saja, agar tahap demi tahap bisa dilakukan dan hasil tanam memuaskan, jika ha,  ini tidak dilakukan sebelum kemedia tanah lahan langsung akan sangat rugi dan kecewa, tentunya proses menyemaian harus dilakulan bagaimana caranya simak penjelasnya.

  • Rendam benih bibig melon sebelum di semai selama kurang lebih 2-3 jam pada air hangat, guna untuk mempercepat proses berkecambah.
  • Jika proses perendama sudah selesai, maka selanjutnya memasukan benih bibig melon kedalam polybag, yang sudah terisi dengan campuran pupuk.
  • Isi dalam polybag merupakan hasil percampjran tanah, pupuk kandang dan pupuk kompos yang sudah merata di aduk.
  • Perlakuan berikutnya adalah penutupan benih bibit di media semai dengan bahan bahan ringan dan tidak kasar.
  • Setelah di tutup maka hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan adalah penyiraman di media penyemaian lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore denga cara spray.
  • Dalam polybag diisi 1 atau dua benih bibit tanaman melon, bertujuan agak terjadi kematian bisa di ganti tanpa harus mencabut dari tempat lain.
  • Kemudian benih bibit melon yang sudah berumur 12 hari, serta sudah tumbuh 3 hingga 5 batang daun ,makan bibit tanaman melon siap ditanam di media tanah langsung.

d . Persiapan Lahan Tanam Melon Yang Baik Dan Benar

  Jika proses pembenihan atah penyemaian sudah selesai dan benih bibit melon sudah kelihat ada daun, maka hal selanjutnya yang perlu dilakulan dan perhatikan adalah pengolahan media tanah langsung untuk menanam bibit melon,Pengolaham lahan yang baik dan benar caranya adalah sebagai berikut

TRIK CARA BUDIDAYA MELON TANPA BIJI
Lahan Tanaman Melon Baik Berkualitas

  • Penggemburan Media tanah atau lahan yaitu dengan cara mencankul atau membajak dengan kedalam cangkul atau bajak sekita 30 cm hingga 40 cm.
  • Pemupukan awal pada lahan, Namun sebelum di pupuk awal terlebih dahulu melihat pH tanah, jika terlalu asam maka perlu pengapuran tanah dengan dolomite, Perlu penambahan belerang jika terjadi keadaan tanah terlalu basah.
  • Setelah perlakuan diatas selesai, maka prosea selanjutnya sebelum ditanami, lahan terlebih dahulu di diamkan selama kurang lebih 1 mingguan, tujuannya usur tanah benar bemar siap di tanamin bibit melon.
  • Langkah berikutnya pembuatan bedengam atau galutan dengan panjang disesuaikan dengan lahan, tinggi bedengan antara 40 hingga 50 cm,  dan lebar antara 1 m hingga 120 m.
  • Pemberian jarak pada setiap bedengan dengan tujuan sebagai drainese atau parit antar 50 cm hingga 70 cm.
  • Langkah berikutnya adalah penutupan bedengan atau gulungan dengan plastik mulsa,  yaitu plastik kusus pertanian.
  • Sebelum di buat lubang terlebih setelah di tutup dengan mulsa plastik didiamkan selama 1 minggi.
  • Langkah berikutnga adalah pembuatan lubang dan jarak lubang pada tanaman melon, dalam lubang melon sekitar 5 hingga 10 cm, 

e . Penanaman Bibit Melon

    Setelah dari panjangnya proses proses sampai tiba proses penanaman, begini cara menanam melon dengan baik adalab sebagai berikut, 

  • Pindahkan bibit melon dari media semai yang sudah ada bibig melonnya.
  • Membuka polybag media semai bibit melon dengan hati hati.
  • Masukan pada lubang bedengan dengan hati hati agar tidak terjadu kematian pada bibit melon setelah di tanam.
  • Setelah itu tutul lubang denga tanah yang sudah di campur dengan pupuk kandang atau kompos.
  • Lakukan sedikit penyiraman pada tanamn setelah selesai penanaman.
  • Waktu menanam usahakan pada saat sore hari agar tanaman mampu bertahan dan tidak terjadi kematian jika ditanam pada siang hari akan mudah layu dan mati.

f . Pemeliharaan Tanaman Melon

    Tanaman buah melon dengan cara intensif dan rutin maka akan mendapatkan hasil seauai dengan apa yang kita harapkan pada tanam melon, Pemeliharaan melon sendiri terdiri dari beberapa tahap antara lain, 
  1. Penjarangan tanaman melon agar melon cepat bunga.
  2. Penyulaman tanaman melon, ini dilakukan jika ada tanaman melon layu dan mengalamj kematian.
  3. Penyiangan dari gulma penggangu tanaman buah melon.
  4. Pengairan, jika terjadi kemarau dan tanah atau batang terlihat melayu maka di lakulan penyiraman.
  5. Perawatan dari hama penyalik, hal ini bisa dilakukan penyemprotan zat kimia pada tanaman melon yang terserang penyakig dengan pestisida.
  6. Pemupukana tanaman melon susulan bisa dilakukan 3 tahaptahap,

  • Tahap pertama bisa dilakukan pada usia bibit berumur 20 hari.
  • Tahap ke dua bisa dilakukan pada umur 40 hari.
  • Tahap ke tiga umur 60 hari dari sejak tanam benih bibig melon, sebarkan pupuk di pinggi bedengan dengan dosis Urea 300kg/Ha, 200 kg/Ha pupuk TSP dan pupuk KCL 200 kg per hektar.

   Dari perawatan penjarangan sampai pengairan bisa dilakukan secara bersamaan pada saat melakukan tersebut, perlakuan tanaman melon memang sedikit intesif tujuanya adalah tidak lain aman dari hama penyakit yang menyerang tanaman melon, dan juga bila di lakukan dengan baik sesuai aturan maka hasilnya pun baik dan berkualitas.

g . Proses Panen Buah Melon

  Tanaman melon jika sudah tua dan siap di panen maka buah melon tersebut sudah siap dipanen pada setelah usia mencapai 120 hari dari masa tanam. Teknik lain untuk mengetahui bahwa buah melon sudah tua dan siap di panen adalah mempunyai ciri ciri sebgai berikut fisik dari buah melon ukuranya besar, dari warna melon sudah terjadi perubahan kuning menjadi kekuningan dan terjadi pembesaran serat atau urat jala yang semakin terlihat jelas dan kasar,itu bertanda sudah siap di panen pada buah melon.

TRIK CARA BUDIDAYA MELON TANPA BIJI
Buah Melon Siap Dipanen


Demikan cara tanam budidaya tanaman buah melon yang baik dan benar semoga bermanfaat bagi kita dan khususnya bagi pembaca atau pun pemula yang ingin bercocok tanam membudidaya melon, jika di lakukan dengan sunggu dan bemar sesuai aturan maka hasilnya pun tidak sia sia, ,amin




Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar