Halaman

CARA SEDERHANA HASIL MELIMPAH BUDIDAYA TANAMAN WORTEL ORANGE

CARA SEDERHANA BUDIDAYA TANAMAN WORTEL

  Wortel merupakan Tanamn sayur yang banyak mengandung vitamin A yang sangat tinggi dan baik untuk kita, terutama untuk kesehatan mata, Wartel memiliki bahasa latin yaitu Daucus Corrta yang berasal dari daratan asia timur hingga asia bagian tengah, Banyak di indonesia wilayah yang membudidaya sebagai pusat terbanyak di daerah pulaw jawa,sumatara, bali dan masih banyak lagi daerah penghasil wortel terbaik di insonesia,

CARA SEDERHANA HASIL MELIMPAH BUDIDAYA TANAMAN WORTEL ORANGE
Tanaman Wortel

    jika anda ingin membudidaya tanaman wortel bisa langsung berkunjung ketempat temapat pembudidaya tanaman wortel terbaik di indonesia, namun jika yang belum mampu berkungjung ketempat tempat tersebut anda cukup beli kuata dan membaca artike ini mungkin bisa membantu, cukup buka handphone dan santai sambil ngopi buka dan membaca, Nah bagaimana caranya budidaya tanaman wortel yang baik dan benar simak penjelasan berikut ini;


  • Syarat tumbuh tanaman wortel untuk budidaya ideal adalah ditanah yang memiliki ketinggian tanah diatas permukaan laut antara 1000 sampai 1500 meter.
  • Tanaman wortel bisa tumbuh perkembang baik ditanah yang subur,daerah tinggi, suhu yang sedikit lembab, udaha dingin dan sejuk, tak jarang untuk wilaya jawa banyak yang membudidaya tanaman wortel di Bandung lembang.
  • Tanaman wortel terbilang lebih tahan terhadap cuaca eksteim dan tumbuh dengan baik meskipun dalam musim kemarau panjang melanda tanaman worel tetap bertahan.
  • Syarat Tanaman wortel untuk tanah yang banyak mengandung kandungan unsur hara tinggi dan subur serta tanah gembur untuk memenuhi kebutuhan tumbuh proses tanaman wortel.
  • Syarat selanjutnya yang penting lainya adalah tanah memiliki pH tanah sekita 5 - 7 , dan syat ini bisa di tangani dengan baik jika pH tanah kurang memadai bisa lakukan pengapuran tanah sebelum melakukan pembudidayan dimulai.
CARA SEDERHANA HASIL MELIMPAH BUDIDAYA TANAMAN WORTEL ORANGE
Syarat Tumbuh Wortel

  Hal ini jika sudah selesai syarat selanjutnya adalah 

1 . Pemilihan Bibit Wortel Yang Baik Dan Berkualitas Unggul

    Sebelum melangkah terlalu panjang dan memulai menanam dan budidaya perlu diperhatiakan adalah memilih bibit unggul dan kualitas, kemudian mentukan bibit yang baik, Hal ini sangat dipelukan karena sangat mempengaruhi hasil dari budidaya tanaman wortel, penentuaan bibit wortel yang baik dapat dilakukan dengan ciri ciri sebgai berikut
  • Pastinya wortel unggul
  • Hasil panen seragam
  • Kemudian Hasil panen tinggi
  • Bebas dari hama penyakit
  • Daya tahan wortel tidak mudah terserang penyakit
  • Wortel tumbuhnya subur dan kuat
  • Wortel hasil cepat panen
  Wortel yang baik selain induk sendirk dari tanaman hasil panen, anda juga bisa membeli dari toko pertanian atau dari instansi departem terkait pertaniaan.

 2 . Pembenihan Bibit Wortel

CARA SEDERHANA HASIL MELIMPAH BUDIDAYA TANAMAN WORTEL ORANGE
Pembenihan Bibit Wortel

    Pembenihan dapat dilakukan,setelah penentuan bibig unggul selesai dilakukan dan langkah selanjutnya proses pembenihan bisa dilakukan, pembenihan dapat dilakukan dengan cara cara sebagai berikut
  • Memilih bibit benih wortel dengan yang baik dan unggul tentukan wortel yang varetasnnya lebih pendek masa panennya.
  • Perendaman benih bibit wortel dengan air dingin agar bertujuan mempercepat pertumbuhan perkecambah pada bibit benih wortel.
  • Bibit yang sudah direndam dan keluar cambah atau tunas baru bisa dilakukan pengeringan atau di tiriskan kemudian di tata rapi dalam wadah.
  • Bibit wortel siap di tanam pada media lahan tanam.

 3 . Persiapan Lahan Tanam Bibit Wortel

      Jika dari poses awal sama preosen ini terlebih dahulj sebelum menana,  perlu disaiapkan lahan tanam terlebih dahulu, dan siap di gunakan untuk lahan tanam adalah sebagai berikut

  • Pembersihan lahan untuk calon tanaman budidaya wortel,  dengan cara memberisikan gulma dan rumput liar disekitar lahan tanam.
  • Langkah berikutnya pengapuran jika tanah lahan pH nya kurang dari standar haru dilakukan pengapuran denga dolomite kurang lebih 1 ton untuk 1 Ha lahan.
  • Penggemburan tanah lahan tanaman bibit wortel bisa dilakukan dengan cara mencankul sedalan 30 cm dan tambahkan pupuk kandang atau kompos dengan cara di sebar merata di atas tanaman secara merata.
  • Sebelum tanah ditanam bibit Wortel, terlebih dahul lahan didiamkan semala 2 minggu agar tanah semakin sempurna untuk tanaman bibit wortel.
  • Pembuatan bedengan disesuaikan denga lahan ukrang yang ideal adalah lebar 150 cm,  kemudian tinggi bedengan kurang lebih 40 cm.
  • Langkah selanjutnya Jarak tanaman ketanaman lain dibuat sekitaf 50 cm, guna untuk drainase.
  4 . Penanam Benih Wortel

CARA SEDERHANA HASIL MELIMPAH BUDIDAYA TANAMAN WORTEL ORANGE
Penanaman Benih Wortel

   Pemilihan benih, Pembenihan bibit, Persiapan lahan sudan selesai langkah berikutnya adalah penanaman bibit wortel. cara ini bisa dilakukan secara manual yaitu ambil bibit wortel yang sudab siap kemudian dan diletakan merata di alur atau bengan yang sudah siapkan, dan ujunv pangkal akar pada posis dibawah lalu tutup benih wortel dengan tanah atau pupuk kandang yang sudab dihaluskan dengan campuran tanah.

    Tutup alur dengan mengunakan dedaunan kering ataj bisa juga dengan pelepah daun pisang, tujuan agar benih wortel tidak terbawa sama air pada saat hujan datang, kemudian buka penutup benih wortel jika benih wortel sudah kelihatan berkecambah dan tumbuh.

  5 . Pemeliharaan Tanaman Wortel

    Pemeliharaan tanaman wortel bisa dilakukan dengan cara cara sebgai berikutberikut

  • Langkah pertama melakukan penjarangan pada tanaman woetel jika wortel sudah memasuki umur 4 minggu, bertujuan agar tanaman wortel timbuh dengan baik dan subur sehingga hasil yang di dapat melimpah.
  • Mebersikan atau penyiangan hama gulma atau tanama lain selain wortel harus di bersihkan siaekitar tanam lahan. sehingga tidak mempengaruhi proses tumbuh kembangnya tanaman wortel
  • Pemberian pupuk susulan yang kedua, agar betujuam untuk menjaga unsur hara tanah pada tanaman wortel pupuk di berikan dengan dosis sekitar 20 sampai 21 kg pupuk Urea, sedangkan pupu SP 40 kg, serta pupuk KCL sekitar 50 kg per hektar lahan, waktu pemupupkan bisa dilakukan setelah bibit wortel, berusia 1 bulan dari awal tanam.
  • Langkah berikutnya adalah penyiraman, penyiraman dilakukan secara rutin dan setiap pagi dan sore hari.bila curah hujan tinggi lakuka cukul 1 kali saja.
  6 . Masa panen

CARA SEDERHANA HASIL MELIMPAH BUDIDAYA TANAMAN WORTEL ORANGE
Hasil Budidaya di masa panen

    Masa ini yang biasanya dilakukan para pembudidaya dan jika silakukan dengam baik makan hasilnya pun baik, Tanaman wortel dapat di panen denga baim pada umur sekitar 12 minggu dari masa tanam awal

   Jangan terjadi masa keterlambatan masa panen, jika ini tejadi maka hasilnya dan kualitas dan daya jualnya sedikit, prosesn panen tamanan wortel jika terlambat panen akan merugikan kita dan para petani lainya

  Untuk cara panen wortel cukup dengan cara mencabut wortel sampai batang umbinya, jika tanaman wortel dibudidaya sesuai aturan dapat menghasilkan 25 ton bersih per tahun.

Demikian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat bagi kita dan semua amin,,,,


Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar