Halaman

PANDUAN LENGKAP BUDIDAYA SAYURAN KOL || KUBIS ||

PANDUAN LENGKAP BUDIDAYA SAYURAN KOL [[ KUBIS ]] PELUANG BISNIS BAGI PEMULA 

 Sebelum sampai langkah langkah budidaya kobis atau kol, Terlebih dahulu hendaklah mengenal asal usul tanaman yang ingin kita budidaya, seperti kubis atau kol supaya kita dalam membudidaya semakin semangat bekerja dan merawatnya, Tanaman kol atau kubis sudah sangat familyar di kalangan pedagan pasar pada umumnya baik pasar tradisional mau pun pasar mewah seperti mol dan supermarket, 


PANDUAN LENGKAP BUDIDAYA SAYURAN KOL || KUBIS ||
Manfaat Kubis Atau Kol

  Baiklah kita ketahui dulu apa itu kubis, Kubis atau disebut juga Kol merupakan tanaman sejenis sayuran daun daunan kubis sendiri memiliki nama latin dan masuk dalam suku tanaman Kultivar Brassica Oleracea, capitata, tuba, sabauda, atau acephala, Jenis kubis bisa di bedakan tiga warna vaerannya yaitu warna sangat hijau pucat [ forma alba ] Kubis putih, kubis waran hijau [ forma Viridis ] dan kubis warna ungu kemerahan [ forma rubra ].
  
  Manfaat kubis segar hijau banyak mengadung vitamin seperti vitamin A, vitamin C, Vitamin B, serta Vitamin E, Yang semuanya bagus untuk kesehatan kita, Kadungan Vitamin C sendiri di tanaman kubis cukup tinggi manfaat vitamin C tentunya sudah menjadi rahasia umum yaitu untuk mencegak sariawan dan skorbut.
   Dalam tanaman kubi atau kol banyak juga kandungan mineral seperti zat kalium, kalsium, fasfor natrium, dan zab besi.Selain banyak vitamin kubis juga mengandung senyawa yang dapat membatu merangsang pembentukan glukosa pada tubuh, zat yang di perlukan untuk menonaktifkan beberapa racun yang berada pada tubuh kita.
  Selain itu kubis atau tanam kol ini bisa di manafaatkan sebagai sayuran di rumah tangga dan restoran retoran, kubis atau col bisa langsung di konsumsi atau di olah terlebih dahulu, dizaman sekarang banyak orang mencoba peruntungan membudidaya tanaman sayuran kubis atau kol, dengan berbagai cara, seperti hidroponik dan budidaya biasa dilahan tanah, kali ini coba membudidaya dengan cara dilahan langsung, 
   Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan ketika mencoba menanam atau budisaya dilahan tanah langsung adalah sebagai berikut;

A . SYARAT TUMBUH TANAMAN KUBIS/KOL

    Tanaman atau sayuran kubis atau kol menghendaki tanah atau lahan yang subur,sarang dan tidak becek, dan gembur guna menujang kebutuhan untuk tumbuh dengan baik.
     Kubis atau kol sebaiknya di tanam pada tanah yang banyak mengandung bahan bahan organik serta memilik pH tanah yang cukup sekitar 5,5 sampai 6,5.
      Meskipun tanaman ini tangguh pada suhu tinggi, sebaiknya kubis atau kol ditanam pada daerah pegunungan dengan ketinggian sampai 400 meter diatas permukaan laut dan di daerah tropis sekali pun.
      Kubis atau col bisa di tanam didaerah daratan rendah seperti persawahan, tetapi hasilnya sangat kuran bagus, dan mudah terserang hama penyakit seperti ulat pemakan daunan [ Plutella ].

B . PERSIAPAN LAHAN TANAMAN KUBIS / KOL


PANDUAN LENGKAP BUDIDAYA SAYURAN KOL || KUBIS ||
Lahan Bedengan Untuk kubis
     Untuk menanam kubis atau col, bisa dilakukan pembersihan lahan terlebih dahulu guna untuk mendapatkan tanah yang aman dari hama penyaki dan gulma penggangu.
    Kemudian tahap kedua penggemburan lahan sampai benar benar gembur, dengan cara mencangkul dan ketika mencangkul perhatika kedalaman cakulan sekitar 20 cm hingga 30 cm untuk mendapatkan tanah yang baik.
    Selanjutnya pembuatan bedengan atau gulutan gulutan untuk media tanam bibit kubis, yang perlu diperhatikan dan dilakukan saat pembuatan bedengan adalah lebar bedengan sekita 1 meter, tinggi bedenga dari tanah dasar 20 - 30 cm dan jarak bedengan atau gulutan sekitar 30 - 35 cm.
      Jika keadaan struktur tanah pHnya kurang dari 5,5,maka perlu dilakukan pengapuran tanah terlebih dahulu dengan mengunakan Dolomite.

C . LAKUKAN PEMUPUKAN DASAR SEBELUM BIBIT DI TANAM

     Tentunya sebelum penanaman bibit perlu dilakukan pemupukan tanah sebagai dasar bibit mendapat nutrisi untuk membantu perkembangan, pupuk dasar idealnya mengunakan jenis pupuk oraganik dan pupuk kompos.
     Perlu juga dilakukan pemupukan dengan pupuk kima sebagai tambahan, jenis pupuk ini diajurkan adalah pupuk jenis TSP, KCL dan ZA, guna memaksimalkan perkembangan tanaman kubis atau kol.
      Cara pemupukan dasar adalah menaburkan ke bedengan atau gulutan media tanam bibit kubis atau kol hingga merata, pemberian pupuk dasar tidak sembarang menyebar dan rata sebelum sisebar lakukan perbandingan antar pupuk organik dan kimia yaitu sekitan 2:2:1 dicapur dan di aduk sampai rata dan benar benar tercampur.
       Setelah dilakukan penyebaran lahan tanah atau media tanam bibit kubis atau kol di diamkan secara alami selama kurang lebih 2 minggu hingga 3 minggu guna mendapatkan tanah yang benar benar subur.

D . PEMASANGAN MULSA PLASTI DI ATAS MEDIA TANAM

      Hal ini perlu juga di perhatika dan dilakukan sebelum memasang mulsa plasti yang baik dan benar, tanah dalam keadaan basah atau tinggkat kelembabannya tinggi.
      Sesuaikan saat memasang mulsa plastik dengan keadaan bedengan atau gulutan tanah, jangan terlalu kelebihan mulsa plasti, hal ini bisa menggagu saat perawata tiba.
       Mulsa plastik berguna untuk meminimalisir tumbuhnya gulma dan hama penyakit pada tanaman kubis, sehingga tidak menggangu perkembangan tanaman kubis.

C . JARAK TANAMAN KOL ATAU KUBIS


PANDUAN LENGKAP BUDIDAYA SAYURAN KOL || KUBIS ||
Jarak Tanam Kubis

       Penanaman kubis atau kol agar mendapatkan hasil berkualitas unggul dan besar besar daunnya, hal ini perlu dilakukan dan perhatikan jarak tanam antara kubis dengan kubis lainya, jarak ideal tanaman adalah sedikit rengga renggang.
       Pembuatan lubang tanam di atas bedengan atau gulutan yang sudah di tutup dengan mulsa jarak ideannya adalah 8 cm - 10 cm.
        Apabila anda menanam kubis di musih hujan jarak tanam sebaiknya di buat agak renggan tujuan tanah agak tidak lembab.
       Dan sebaliknya jika menanam tanaman kubis pada musim kemarau maka buat jarak yang sedikit rapat guna menjaga kelembaban tanah.

D . PERSIAPAN BENIH BIBIT KUBIS ATAU KOL

     Benih bibit kol atau kubis pilih benih atau bibit yang unggul dan berkualitas agar mendapatkan hasil melimpah.
     Benih atau bibit kubis bisa didapat di toko pertanian yang berlisesi dari instansi pemerintah.
     Kemudian setelah benih bibit di dapat, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyeterilkan benih, dengan cara merendam benih dengan air panas atau dengan larutan fungisida selama 15 menit hingga 30 menit.
     Langkah selanjutnya dalam persiapan beih bibit kubis atau kol yaitu direndam dengan air selama kurang lebih 12 jam, agar mempercepat proses berkecambah.
      Proses perendaman bisa dilakukan pemilihan benih yang baik dan yang jelek, caranya adalah ketika di rendam benih yang mengapung tandanya benih jelek dan yang tetap tengelam tandanya bagus.

E . PROSES PENYEMAIAN BENIH BIBIT KUBIS ATAU KOL
       
PANDUAN LENGKAP BUDIDAYA SAYURAN KOL || KUBIS ||
Cara Menyemai Kubis

      Penyemainan perlu dilakan guna memperkoko batang dan daun tanaman sebelum di tanam kemedia tanam lahan dan bagai mana cara menyemainya perhatikan hal berikut

     Benih dapat di semai dalam polybag dengan ukuran polybag sekitar 6 cm x 8 cm atau 8 cm x 10 cm.
     Tanah untuk isian polybag adalah pupuk kompos dan pupu kandang yang sudah tercampur dengan sedikit tanah dengan perbandingan 2:1.
      Langkah selanjutnya isi bibit semai dalam 1 polybag 1 atau 2 bibit yang sudah di semai.
      Kemudian benih bibit yang sudah di semai di polybag ditutup dengam tanah yang bercampur dengan kompos atau di tutup dengan bakaran merang padi.
       Setelah itu lakukan langkah penyiraman dengan cara sprei sampai basah lalu dilakukan sangkup.
      Penyankupan dilakukan agar benih bibit kubis bisa berkecambah denga serempak, selama 3 sampai 4 hari.
     Buka tutup sangkup apabila benih bibit kubis tumbuh berkecambah sekitar 80% maka sangkup diganti dengan naungan plastik tranparan.
     Benih bibit kubis atau kol yang siap di pindahkan berumur sekitat 25 -30 hari dari masa penyemaian.

F . PENANAMAN BIBIT KUBIS ATAU KOL
    
       Setelah semua bibit dan lahan sudah siap selanjutnya di lakukan proses penanaman bibit kubis atau kol dilahan tanah langsung, Lubang pada bedengan atau gulutan disesuaikan denga media polybag.
       Perhatikan saat melepas media semai agar tidak terjadi kerusakan pada bibit kubis atau kol.
       Kemudian bibit kubis dimasukan pada lubag yang sudah disiapkan, dan lakukan penyiraman secukupnya.
       Waktu yang baik saat menanam tanaman ini adalah sore perkiraan jam 5 hingga menjelang magrib.

G . PENYIRAMAN TANAMAN KUBIS ATAU KOL
PANDUAN LENGKAP BUDIDAYA SAYURAN KOL || KUBIS ||
Cara Penyiraman Dan Penanggulangan hama

     Kubis pada saat awal masa tanam, penyiraman kubis dilakukan secara intens dan teratur setiap pagi dan sore hari.
     Tanaman ini retan akan kebusukan jika terlalu banyak air, penyiraman di lakukan apa bila musim kemarau dan apabila musim hujan tidak perlu dilakukan penyiranam.
      Penyiraman tanaman kubis dilakukan secara leb dilakukan 2-3 hari sekali, melihat jika kondisi tanah mulai mengering kelembabannya kuran.

H . PENYULAMAN TANAMAN KUBIS

       Penyulaman perlu dilakukan setelah melakukan masa tanam, dan tanaman berumur 2 minggu disitu bisa ketahuan tanaman yang mati dan tanaman yang kuran sehat layu, maka dilakukan penyulaman tanaman, agar bisa tumbuh hasil yang serempak dan hasil tanaman bisa melimpah ruah pada saat memanen.

I . PEMUPUKAN TANAMAN KUBIS

      Hal seperti ini bisa dilakukan pemupuka susulan yang pertama pada saat membuat lahan dan yang kedua pemupukan dilakukan dengan pupuk kimia yaitu dengan pupu urea 1:2. Tahap pemupukan bisa pada unur tanaman sekitar umur 25 hari dari masa tanam awal. Tahap pemupukan selajutanya dilakukan setiap 10 hari sampai 15 hari sekali. Bagaimana cara pemupukanya yaitu dengan cara spray atau mengocor di atas tanam kubis atau kol.

J . PENYINGAN GULMA PADA TANAMAN KUBIS ATAU KOL

 Langkanh selanjutnya penyiangan yang harus dilakukan,perlakuan ini sangat membantu perkembang dan pertumbuha tanaman kubis baik atau tidaknya tanaman, penyiangan gulma dilakukan di sekitar tanaman  dan parit bedengan atau gulutan serta drainase pengairan.Lakukan penyiangan pada hanya bisa dilakukan 3 hingga 4 kali dalam sekali musim tanam kubis atau kol.

K . PENANGANAN HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN KUBIS

      Kubis atau kol mudah di serang hama dan penyakit, hama penyakit yang sering merusak tanaman kubis diantaranya hama Ulet Plutella L, [ Plutella xylostella L ],Ulet Croci [ Croci Dollomia Binotalis Zeller],Ulet tanah [ Agrotis Ypsilon ], Dan masih banyak lainya dari jenis hama penyakit tanaman kubis atau kol,
    Pengendalian hama penyaki tersebut bisa di lakukan dengan cara manual atau mengunakan zak bahan kimia lainya, 

L . MASA PANEN TANAMAN KUBIS

      Masa panen untuk tanaman kubis atau kol bisa dilakukan pada saat kubis berumu 60 - 95 hari daru masa tanam kubis, masa ini panen kubis atau kol tergantung dari bibit awal kubis, Kubis banyak banyak macamnya, Jika dilakukan dengan benar dan dilakukan denga anturan hasil budidaya tanaman kubis bisa melimpah dari apa yang kita duga, dan berkualitas expor dengan baik.


PANDUAN LENGKAP BUDIDAYA SAYURAN KOL || KUBIS ||
Masa Panen Tiba

  Demikianlah Langkah atau Tatacara berbudidaya Tanaman sayur kubis Dengan artikel ini pembaca bisa mengikuti atau sebagai panduan untuk mencoba bercocok tanam kubis, harapan semoga bermanfaat bagi kita semua dan yang utama bagi pembaca yang sedang melakukan uji coba tanaman kubis, amin

Terimakasih dan Salam




Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar