Halaman

CARA MENANAM BAWANG PUTIH MENJANJIKAN KEUNTUNGAN

LANGKAH MENANAM BAWANG PUTIH KUALITAS UNGGUL

 Menanam bawang putih merupakan hal sangat mudah ,bawang putih sejatinya bisa tumbuh berkembang biak dengan cepat jika di lakukan dengan cara yang benar dan intensif supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Tanaman bawang putih bisa tumbuh di berbagai iklim dan bawang putih masa panen memang cukup panjang tapi akan mendapatkan yang baik,persiapan untuk tanaman ini memakan waktu berbulan bulan dan tanaman ini bisa di tanam di pot dan polibek.
  
CARA MENANAM BAWANG PUTIH MENJANJIKAN KEUNTUNGAN
Manfaat & Penggunaan

  Manfaat dari bawang putih cukup bayak kita bisa rasakan manfaatnya, seperti bumbu pada sayuran dan obat penyakit,bahan rempah ini sangat berguna bagi kehidupan di seluruh dunia,tak jarang banyak di temukan di budidaya tanaman yang cukup meluas, bawang puti bisa di jumpai di setiap rumah, pasar sampai yang kelas supermarket. 
  
    Dalam budidaya tanaman ini diperlukan langkan langkan untuk menanam dengan hasil yang baik dan menguntungkan bagi anda, hasil akhir berkualitas dan bisa di pasarkan ke internasional, Berikut langkah langkah awal sebelum menanam budidaya tanaman bawang putih.

   A . METODE 1 DARI 3
   
   Persiapan Bibit Atau Indukan Bawang
Putih Yang Berkualita Unggul

 Ketika anda mencoba menanam bawang putih kapanpun dimana pun bibit bawang putih yang ada pun bisa, jika itu anda menanam dalam jumlah skala kebutuhan rumah tangga. Penanaman dalam jumlah besar sebaiknya jangan sembarang bibit untuk mendapatkan hasil baik dan unggul. Indukan bawang yang bagus berkualitas adalah sebagai berikut, 


CARA MENANAM BAWANG PUTIH MENJANJIKAN KEUNTUNGAN
Bibit unggul


  • Pilih bibit bawang putih yang bersiung besar guna mendapatkan hasil yang baik.
  • Jika bibit bawang putih amda beli, belilah pada toko yang menyediakan bibit pertanian, anda bisa memilih bawang putin varianya.
  • Sebelum beli, pastikan tanya terlebih dahulu, mana yang cocok di iklim tempat anda
  • Perhatikan jika anda membeli bibit bawang putih yang di jual di pasaran terkadang terkadang dari tempat yang jauh dan iklim dengan tempat anda tidak cocok.
  • Bibit bawang putih yang bisa di jual di pasaran biasanya sudah memakai bahan bahan pengawet dan bahan bahan kimai lainya.

    Fakto Iklim, Jika Menanam Di Iklim Suptropis Gunakan Waktu Musim Gugur Atau Semi

    Musim juga menetukan hasil budidaya tanaman bawang putih yang berkualitas dan unggu, Dan jika teman teman tinggal di daerah dengan adanya musim dingin, hal seperti ini disarankan teman sekalian coba menanam bawang putih di musim gugur.Jika menanam Bawang putih dimusim gugur akan bisa melewati musim dingin dan jika penanaman dilakukan lebih awal akan mendapatkan hasil siungan bawang putih yang besar dan berkualitas.
    
      Tapi jika teman teman sekalian berada pada tempat yang dingin disarankan agar mulai melakukan tanam bawang putih diwala awal musim semi tiba. Dan perhatikan ketentuan ketentuan jika anda berapa pada daerah suptropis, Hal hal apa saja yang harus dilakukan sebelum menanam tanaman bawang putih adalah sebagai berikt;

1 . Pada teman teman yang ada di daerah suptropis, anda bisa lakukan tanam pada musim gugur tiba, rencanakan 6-8 minggu sebelum lahan tanam di penuhi dengan salju.

2 . Dan jika teman teman ada di musim semi tiba, tanam bisa dilakukan pada bulan Februari dan bulan Maret.

   Persiapkan Media Lahan Untuk Tanam Bibit Bawang Putih


  •     Usahakan saat memilih lahan untuk menanam bibit bawang putih berapa pada titi full sinar matahari.
  •     Penglahan lahan faktor utama dalam menanam tanaman bawang putih.
  •     Membajak dan cankul media tanaman samapi mendapatkan tanah yang gembur.
  •     Lahan tanam sebaiknya di buat berbedeng, guna untuk perawatan waktu tanaman tumbuh dan berkembang.
  •     Lahan atau media tanah perlu tambahan nutrisi bagi tanaman bawang putih, pemberian kompos pada lahan.
  •     Buatlah lahan tanam bawang putih, dengan dranase.

   Cara Menanam Bawang Putih Yang Baik Dan Benar

  Bagaimana caranya menanam bawang putih yang baik dan benar, Terlebih dahulu kita perhatikan langkah langkahnya sebagai berikut dibawah ini;

  • Pilih dan pisahkan bawang putih dari umbinya dan pisah pisahkan menjadi siungan tunggal.
  • Jangan sampai rusak kulit luar bawang putih, saat di pisahkan dari umbihnya.
  • Tanam bawang putih di media yang sudah disiapkan terlebih dahulu, denga jarak tanam dari tanaman lainnya kurang lebih 4 inci.
  • Perhatikan saat menanam bawang putih dan kedalaman lubang tanam, jangan terlalu dalam perkiraan kedalamannya adalah 2 inci.
  • Jangan sampai terbalik saat tanam bawang putih, perhatikan akar pangkal dan ujung bawang putih.
  • Kemudian menutup bagian siungan bawang putih dengan tanah yang gembur dan lakukan penepukan pada bawang putih agar tidak terlalu terlihat setelah di tanam.
CARA MENANAM BAWANG PUTIH MENJANJIKAN KEUNTUNGAN
Lahan & Cara Tanam


      B . METODE 2 DARI 6

     Perawatan Pada Tanaman Bawang Putih Yang Baik Dan Benar

 Tanaman bawang putih perlu perawatan yang sama seperti tanaman yang lain yang menghasilkan bagi kehidupan, tak mudah untuk merawat tanaman bawang putih dan hal hal yang perlu dilakukan adalah, 
  1 . Penutupan lahan setelah di tanam bawang putih dengan tanah,pupuk kompos sampai jerami padi, Jika teman teman ada didaerah dingin atau musim gugur tutuplah dengan jerami padi setebal 6 inchi, manfaat dan guna jerami padi adalah menutupi bibit dari musim dingin.
  2 . Jika teman teman ada di daerah musim iklim suhu semi, maka singkirkan penutup tanaman seperti jerami padi.
  3 . Potong akar bunga yang timbul untuk melihat hasil tanam dan jika di biarkan akan menghambat perkembanga buah atau tanaman bawang putih dan tidak bisa membesar.
  4 . Penyiraman bawang putih, lakulan hal ini setiap 3-5hari sekali, agar tanaman tumbuh dengan baik dan bisa menyerap pupuk.
  5 . Pemberian pupuk, Hal ini dilakukan jika terlihat akar bawang putih kelihatan menguning, terlihat lemah sebelum masa panen anda bisa meberikan nutrisi tambahan seperti pupuk agar tetap sehat.
  6 . Bersihkan sekitar tanaman bawang putih dari gulma rumput liar, yang hidup bersaik untuk mendapatkan nutrisi tambahan ketika di pupu, dan maengakibatkan tanaman tidak baik.


   C . METODE 3 DARI 5

     Menanen Dan mengawetkan, Menyipan Bawang Putih

      a . Tanaman bawang putih bisa di panen pada bulan juli dan agustus dari masa tanam, tanda bahwa tanaman bawang putih mulai tua dan siap di panen biasanya bagian atas tanaman bawang putih mulai berubah warnanya menjadi mengemunig dan mati.
    Yang perlu diperhatikan dalam memanen bawang putih adalah;
1 . ketika memanen bawang putih hendaklah jangan sampai bawang putih terlalu akhir saat memanen, menyebabkan bawang akan menjadi mengerut dan kecil dan rasanya berbeda tidak enak.
2 . Jangan memanen bawang putih terlalu dini, dari jarak masa tanam, menyebabkan tanaman bawang putih, buahnya tidak bisa di awetkan seperti layaknya tanaman bawang.

    b .  Cabut bawang putih bagian umbinya tanpa harus merusak umbinya,  untuk menvabut umbi bawang putih bisa mengunakan sekop atau serok kecil, Menggalih tanaman bawang merah untuk di panen harus hati hati, jika tergores siungannya akan mudah busuk.Dan temen teman saat menane bawang ini agar membiarkan batang umbinya tetap ada, hanya tanah yang menepel yang di bersihkan.


CARA MENANAM BAWANG PUTIH MENJANJIKAN KEUNTUNGAN
Cara Penyimpanan Yang Baik Dan Benar

      c . Gantung bawang putih selama 1-2 minggu untuk proses pengeringan, Dalam proses ini kulit ari bawang putih akan mengerin dan dagin bawang puti tersebut akan mengeras, sebaiknya dalam penyimpanan bawang hasil panen, simpanlah di tempat yang sejuk dan kering untuk proses pengeringan secara alami.
    Penyimpanan bawang putih selain tempat sejuk dan kering harus juga di perhatikan sirkuliasi udara yang baik untuk proses yang hasilnya sempurna.
     Untuk proses yang penyimpanan ada berbagai macam cara dari perindividuan bawang putih sampai secara tradisinonal yaitu denga cara membiarkan batang bawang putih tetap menempel hingga kering dan mengantung di tempat sejuk dan kering.
     
     d . Mengunakan bawang putih bisa dengan cara mengetahui keadaan bawang tersebug, sebaiknya dalam mengunakan bawang putih pada saat kulit ari bawang tersebut mengelupas dengan sendirinya, umbi bawang akan terasa mengeras pada saat di sentuh dan mudah terpisah dari batang akar bawang putih.

     e . Simpan indukan bawang putih yang berkualitas dan baik di tempat yang sejuk dan kering, guna memanfaatkan sebagai indukan nanti pada saat musim bawang tanam lagi di tahun berikutnya

 Demikiaan semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua Amin



Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar